Mengatur Keuangan Agar Bisa Membeli Rumah Tips dari Samera Propertindo

Mengatur keuangan agar bisa membeli rumah perlu dilakukan dengan teliti dan kedisiplinan tinggi. Terkadang, seseorang bisa bertindak impulsif saat membeli sesuatu, apalagi saat ditawari promo khusus. Hingga akhir bulan saat memeriksa saldo tabungan, tau-tau saldo sudah berkurang drastis. 

Padahal, jika dikelola dengan baik, uang atau penghasilan Anda bisa dikumpulkan untuk membeli rumah idaman Anda. Apalagi mengingat harga rumah atau properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. 

Aturan paling mudah dalam mengatur keuangan adalah menghindari pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan. Agar bisa melakukannya, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

Tentukan anggaran yang diperlukan

Membeli rumah adalah sebuah rencana besar yang harus dilakukan perencanaan keuangan yang baik. Sebagai langkah pertama dalam membuat perencanaan keuangan adalah menentukan untuk menentukan target. Misalkan target untuk membeli rumah di Medan dengan nilai tertentu. Anda bisa mencari informasi harga rumah di kota Medan terbaru. 

Setelah mengetahui informasi diatas, Anda bisa menggunakan kalkulator KPR di situs Samera Propertindo untuk menghasilkan estimasi cicilan seandainya Anda membeli sebuah rumah. Berdasarkan estimasi tersebut, Anda kemudian bisa mengevaluasi kemampuan finansial saat ini dan mulai mengambil tindakan seperti tips selanjutnya agar bisa mencapai target Anda. 

Hindari berhutang 

Hindari kebiasaan untuk berhutang atau menambah hutang. Sebab, dengan berhutang, bisa menyebabkan efek domino. Misalkan, hutang yang Anda miliki bisa menjadi beban pikiran sehingga mengganggu produktivitas Anda dan kehilangan kesempatan untuk menabung atau berinvestasi. 

Sebagai anjuran umum, seseorang tidak dianjurkan untuk memiliki atau mengambil cicilan lebih dari 30% dari penghasilan setiap bulannya. Sebab Anda pasti memiliki kebutuhan atau tanggungan lainnya. 

Jika Anda berencana untuk mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR), sangat dianjurkan untuk   melunasi hutang yang sudah ada atau membeli rumah dan memilih tenor yang cicilannya masih dibawah 30% dari penghasilan. Sehingga, pengajuan KPR akan lebih mudah disetujui.

Gunakan akun rekening berbeda

Bila ingin segera membeli rumah sendiri, sebaiknya Anda memiliki dua akun rekening yang berbeda. Di mana satu rekening digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan rekening satunya lagi digunakan untuk menabung.

Dengan begitu, bisa menghindari Anda dari tindakan impulsif dan membelanjakan uang yang seharusnya ditabung. Perlu diingat juga untuk langsung menyisihkan penghasilan untuk ditabung seketika gajian atau menerima penghasilan Anda. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk disiplin Anda.

Meminimalisir gaya hidup dan tingkatkan pemasukan

Selain menjaga jumlah hutang agar seminimal mungkin, Anda juga harus bisa mengendalikan gaya hidup Anda untuk meningkatkan jumlah tabungan. Sebab, untuk membeli rumah, pada umumnya Anda diharuskan untuk membayar uang muka sebesar 30% dan tentunya masih banyak biaya lainnya seperti pajak, booking fee, notaris dan sebagainya. 

Untuk meningkatkan tabungan, pilihannya adalah untuk mengurangi pengeluaran atau bisa juga dengan memperbesar pemasukan. Jika Anda memiliki pekerjaan tetap, Anda mungkin bisa mencari pekerjaan sampingan di akhir pekan atau selama tidak mempengaruhi kinerja pada pekerjaan utama Anda. 

Disiplin dan komitmen

Tips terakhir dan yang wajib Anda terapkan adalah dengan menjaga kedisiplinan dan komitmen untuk mengatur keuangan. Tanpa adanya kedisiplinan dan komitmen untuk mengatur keuangan, Anda bisa saja goyah di tengah proses mengumpulkan uang.

Anda bisa meminta dukungan dari anggota keluarga lain atau kerabat agar lebih bersemangat dalam mengumpulkan uang. Dengan begitu, membeli rumah idaman bukan lagi hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Itulah 5 tips mengatur keuangan agar bisa membeli rumah. Tentunya untuk merubah kebiasaan memang tidak mudah, tetapi bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Yang terpenting terus berusaha dan jangan pernah menyerah. Samera Propertindo senantiasa mendukung Anda agar bisa mencapai mimpi memiliki rumah ideal dengan selalu menghadirkan berbagai jenis hunian.


Kirim

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Lihat Artikel Lainnya

Lihat Semua